Saturday, April 7, 2012

Soto Sapi "Pak Yanto"




Siap disantap




Ada banyak jenis soto di Indonesia. Mulai dari soto Lamongan, Soto Medan, Soto Betawi, Soto Kudus, Soto Ayam, Soto Babat, Soto Sapi atau biasa disebut soto daging untuk beberapa wilayah di Jawa Timur.
Kali ini saya bahas soto yang paling dekat dengan tempat kost saya di Jogja.  Lokasi di seputaran krapyak, Kandang Menjangan ke setalan, sebelah timur /depan RS.Patmasuri.
Kali ini saya mampir ke TKP. Kurang lebih begitulah bentuk sotonya. Rasanya?? jangan tanya saya!! karena nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Hanya bisa diungkapkan dengan perasaan yang tedalam. Loh???
Soto di TKP ini kuahnya agak berwarna kuning, tapi jernih. Tidak kental, tapi bumbunya begitu terasa dan nggak banyak mengandung kaldu. Tipis tapi mantap!. Memang ada sebagian soto sapi yang kuahnya encer, tapi kaldunya begitu tebal. Jadi rasanya agak bikin eneg. Tapi untuk yang ini, nggak ada istilah itu



Tekstur daging sapi yang digunakan sebagai taburan, dan komposisi utama pun empuk. Bisa langsung terasa pada gigitan pertama. Untuk makanan yang berkuah-kuah seperti soto, yang jadi ciri utamanya adalah daging dan kuahnya. Kalau dua komposisi ini oke, maka oke juga rasa sotonya. Kalo yang lain seperti nasi, kol, tomat, saya rasa hampir sama rasanya.
Minumnya, es teh! 

Lokasi
Kalau ada yang mau merasakan soto ini, datang aja ke Soto Pak Yanto. Depan RS Patmasuri. Warungnya kecil, jadi nggak begitu kelihatan dari pinggir jalan. Tapi coba aja cari kalau sudah sampai depan RS Patmasuri.

Sekian tema untuk soto. Nanti saya bahas soto yang lain..

No comments:

Post a Comment

Orang pintar selalu meninggalkan komentar